Kaji Banding tentang Gentong Mas Santun ke Kabupaten HSU

03 Juli 2022 01:28:02 Admin : Dinas Kesehatan
Editor : Dinas Kesehatan

Pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2022, Seksi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kab. Tapin melaksanakan kegiatan Kaji Banding Septic Tank Model Gentong Mas Santun ke Dinas Kesehatan Kab. HSU. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kab. HSU dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kab. Tapin, Kepala Puskesmas beserta Sanitarian, Camat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin. Kedatangan dari rombongan Kab. Tapin pun disambut langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. HSU dan Kasi Seksi Kesling Kesjaor. Acara ini kemudian dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. 

HSU yaitu Bapak dr. H. Moch Yandi Friyandi, MM, CPOF dan dilanjutkan sambutan dari Kasi Seksi Kesling Kesjaor Dinkes HSU yaitu Bapak H. Febrianto Rahman , SKM., MS dan setelah itu sambutan dari Kasi Seksi Kesling Kesjaor Dinkes Kab. Tapin yaitu Ibu dr. Galuh Nia Khairani, MPH. Adapun penyampaian materi pada kegiatan kaji banding ini disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. HSU yaitu Bapak Rusdiani, SKM selaku pelopor dari Septic Tank Model Gentong Mas Santun. 




Para undangan pun antusias sekali untuk menerapkan Septic Tank Model Gentong Mas Santun ini di Kab. Tapin khususnya bagi masyarakat yang berada di daerah rawa dan tepi sungai. Dari kegiatan ini, diharapkan semua SKPD terkait yang berhadir pada acara ini dapat bekerjasama untuk menerapkan septic tank aman yang dapat digunakan di daerah rawa dan tepi sungai yang ada di Kabupaten Tapin, agar masyarakat di wilayah Kabupaten Tapin terhindar dari penyakit berbasis lingkungan dan bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang merupakan salah satu syarat untuk Kabupaten Tapin mengikuti Kabupaten Kota Sehat pada tahun 2023.