SUPERVISI BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN) DARI DINAS KESEHATAN KAB. TAPIN DAN WHO DI PUSKESMAS TAMBARANGAN

23 Juni 2022 02:50:42 Admin : Dinas Kesehatan
Editor : Dinas Kesehatan

Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapin dan perwakilan WHO telah melakukan supervisi pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah kerja Puskesmas Tambarangan, kec. Tapin Selatan. Program BIAN sendiri dilaksanakan serentak di puskesmas, Fasyankes lain, Posyandu, sekolah dan pos imunisasi lainnya sejak 18 Mei 2022 di wilayah Kabupaten Tapin.


Kegiatan supervisi ini dipimpin oleh subkoordinator surveilans dan imunisasi, Agus ari Supriadi, SKM dan didampingi juga oleh perwakilan WHO, Meuthika Noor Fitriyana, S.K.M, MPH. WHO adalah Wold Health Organezation yaitu Organesasi Kesehatan Dunia yang bertanggung jawab terhadap kesehatan internasional. Bapak Agus Ari Supriadi, SKM menyampaikan bahwa BIAN adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi anak dari penyakit polio, difteri, tetanus, pertusis, atau batuk rejan, hepatitis B, campak, dan rubela. “dengan memberikan imunisasi tambahan campak rubela bagi seluruh sasaran sesuai ketepatan dan imunisasi polio (OPV dan IPV) serta DPT-HB-Hib apabila anak belum lengkap status imunisasi sebelumnya,” katanya,






Dia juga meminta kepada petugas di sana agar terus mensosialisasikan pelaksanaan BIAN, terutama kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerja, agar anak-anak dapat menerima imunisasi. Kesimpulannya kegiatan hari ini berjalan dengan baik dan lancar, walaupun pun  saat pelaksanaan suntik ada beberapa anak yang sempat meneteskan air mata saat di suntik, bahkan ada anak yang kabur keluar sekolah.