Pertemuan Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2024: Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia di Kabupaten Tapin

09 Juli 2024 02:17:02 Admin : Dinas Kesehatan
Editor : Dinas Kesehatan

Pada hari Rabu, 03 Juli 2024, Seksi Kesga dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin menggelar pertemuan penting bertajuk "Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2024". Acara ini difokuskan pada peran caregiver dalam pelayanan jangka panjang bagi lansia, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan para lansia di wilayah Kabupaten Tapin.

Peserta dan Narasumber

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai pihak yang berkepentingan dalam pelayanan kesehatan lansia, termasuk dokter umum dari berbagai Puskesmas, pengelola program lansia dari Puskesmas dan rumah sakit di daerah, yaitu RSUD Datu Sanggul dan RS Handayati. Para peserta berkesempatan untuk mendapatkan wawasan dan berbagi pengalaman langsung dengan narasumber yang ahli di bidangnya, di antaranya:

  • Hj. Khalidah, SST, M.M, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat
  • Ibu Windarti, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Provinsi
  • dr. Charisma Bimara Cozy, Sp.PD dari RSUD Datu Sanggul


Fokus Pertemuan

Tema utama yang diangkat dalam pertemuan ini adalah "Caregiver dalam Pelayanan Jangka Panjang bagi Lansia". Para narasumber memberikan penjelasan mendalam mengenai pentingnya peran caregiver dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan lansia. Diskusi mencakup berbagai aspek, mulai dari strategi perawatan, pendekatan holistik dalam menangani kebutuhan lansia, hingga tantangan dan solusi praktis yang dapat diterapkan di lapangan.